Dukung UMKM Tembus Pasar Global, PT Timah Maksimalkan Pameran Sebagai Sarana Promosi
-

PANGKALPINANG, anmnews.id –
Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, PT Timah terus
berkomitmen untuk memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
mitra binaan dengan menyediakan berbagai platform promosi, salah satunya
melalui partisipasi dalam pameran.
PT Timah melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK)
secara konsisten melakukan pembinaan, mendukung permodalan, pendampingan dan
memberikan pelatihan dan berpartisipasi mempromosikan produk mitra binaan agar
bisa naik kelas.
Baca Lainnya :
- Banyak Laporan Ijazah Ditahan di Sekolah, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Indramayu Buka Posko Pengaduan0
- Apel Kesiapan Pengamanan Audensi dari FSP TSK-SPSI ATUC, Polres Majalengka Kerahkan 156 Personil0
- Rakor Tindak Lanjut Rencana Tata Kelola Kerjasama Kemitraan Terkait Jasa Penambangan Timah0
- Polres Beltim Gelar Apel Deklarasi Tolak Geng Motor dan Aksi Balap Liar0
- Direktur Oprasi Perhutani Tinjau Lokasi Agroforestry Tebu Mandiri di Indramayu0
Memperkenalkan produk UMKM mitra binaan dalam pameran
menjadi langkah strategis bagi perusahaan dalam memperkenalkan produk-produk
unggulan UMKM binaan kepada pasar yang lebih luas.
PT Timah secara aktif mengikutsertakan UMKM dalam berbagai
pameran baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Melalui
keikutsertaan dalam pameran, pelaku UMKM memiliki kesempatan untuk
memperkenalkan produk mereka, membangun jejaring bisnis, serta meningkatkan
daya saing di pasar yang lebih luas.
Seperti saat ini, PT Timah kembali memperkenalkan produk
mitra binaan dalam pameran kerajinan tangan terbesar se-Asia Tenggara, The
Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2025, yang berlangsung
di Jakarta International Convention Center (JICC) pada 5-9 Februari 2025.
Dalam Inacraft 2025, PT Timah memboyong produk mitra binaan
yakni batik Sepiak dan Ishadi Cual untuk dipromosikan dalam ajang tahunan ini.
Anggota holding Industri Pertambangan MIND ID ini secara
proaktif berpartisipasi dalam berbagai pameran dagang, baik yang
diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Dengan demikian, produk-produk
UMKM binaan dapat menjangkau segmen pasar yang lebih luas, termasuk pasar
ekspor.
Pada tahun 2024 lalu, PT Timah memfasilitasi mitra binaan
untuk mengikuti 25 pameran yang berlangsung di berbagai daerah.
"Pameran menjadi salah satu sarana promosi yang efektif
bagi UMKM. Dalam kegiatan ini, UMKM dapat menampilkan produk unggulan mereka
secara langsung kepada calon pembeli, baik individu maupun pelaku usaha besar.
PT Timah menyediakan fasilitas bagi mitra binaan, seperti booth pameran,
pelatihan keterampilan pemasaran, serta pendampingan dalam mempresentasikan
produk secara profesional," kata Departement Head Corporate Communication
PT Timah, Anggi Siahaan.
Anggi mengatakan, PT Timah berperan aktif dalam mendorong
pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Keikutsertaan UMKM dalam pameran tidak hanya menjadi sarana promosi, tetapi
juga merupakan langkah strategis dalam membangun daya saing yang lebih kuat di
pasar global.
"Melalui inisiatif program mendukung UMKM, PT Timah
berharap dapat memberikan dampak positif yang lebih luas bagi komunitas bisnis
lokal, sekaligus memperkuat perannya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi
nasional," tutup Anggi.
(Arsoyo)
Video Terkait:
